5 Bukti Dirimu Kini Sudah Lebih Kuat meski Dulu Pernah Terpuruk

Setiap ujian kehidupan membantu kita untuk jadi pribadi yang lebih kuat. Setelah mengalami keterpurukan, bisa jadi kini kita sudah lebih kuat dan tegar lagi. Berikut ini lima hal yang bisa menjadi pertanda bahwa dirimu saat ini sebenarnya sudah lebih tegar daripada sebelumnya.

5 Bukti Dirimu Kini Sudah Lebih Kuat meski Dulu Pernah Terpuruk

Keterpurukan karena suatu masalah mungkin pernah kita alami dalam hidup. Saat kita terpuruk, kita merasa sudah tak punya harapan hidup lagi. Namun, ketika kita mampu melewatinya, ada hati yang lebih kuat dan jiwa lebih tegar tumbuh di dalam diri.

Setiap ujian kehidupan membantu kita untuk jadi pribadi yang lebih kuat. Setelah mengalami keterpurukan, bisa jadi kini kita sudah lebih kuat dan tegar lagi. Berikut ini lima hal yang bisa menjadi pertanda bahwa dirimu saat ini sebenarnya sudah lebih tegar daripada sebelumnya.

1. Bisa Menjaga Tempat Tinggal dengan Baik

Saat masih bisa menjaga tempat tinggal dan lingkungan sekitar tetap baik dan nyaman untuk dihuni, ini jadi pertanda masih ada semangat hidup yang terjaga. Seseorang yang kehilangan semangat hidup umumnya sudah tak peduli dengan lingkungan sekitarnya. Jadi, teringat sebuah cerita dalam buku Things Left Behind yang memaparkan bahwa saat seseorang kehilangan semangat hidup, dia akan membiarkan botol minuman keras yang kosong, membiarkan sampah menumpuk, lantai berdebu, bahkan membiarkan baju bermerek berantakan. Lingkungan atau hunian yang kita tinggali bisa mencerminkan keadaan semangat dalam diri.

2. Memiliki Tujuan Hidup

Saat kita bisa melihat sesuatu di masa depan, maka kita akan senantiasa punya semangat menjalani semua yang ada di masa kini. Diri kita yang saat ini pun sudah lebih kuat dan tangguh dari sebelumnya sebab kita bisa menjalani masa kini dengan menjaga prasangka baik untuk masa depan. Keterpurukan yang pernah kita alami di masa lalu kita ambil hikmah dan pelajarannya, dan ini bisa jadi bekal kuat untuk menjalani hidup untuk masa depan yang lebih baik.

3. Berdamai dengan Rasa Tidak Nyaman

Ada hal-hal tak nyaman dan tak menyenangkan yang pernah kamu rasakan saat terpuruk. Kini, ketika kamu sudah bisa berdamai dengan semua itu, maka ada hati yang lebih kuat tumbuh di dalam dirimu. Kamu tak menyalahkan semua yang terjadi atau mengutuk hal-hal yang akan terjadi di masa yang akan datang, dan ini bisa membuat hati lebih tenang dan membuatmu lebih kuat.

4. Ada Harapan yang Digenggam

Selama masih punya harapan yang digenggam dalam hidup, maka selalu ada kekuatan baru yang menyokong kita untuk bertahan jalani hidup. Saat dulu terpuruk kita pernah kehilangan harapan. Mengutip buku The Comfort Book, "Untuk merasakan harapan, kita tidak perlu berada dalam situasi yang luar biasa menyenangkan. Kita hanya harus paham bahwa segala sesuatu berubah." Kini, ketika kita bisa menumbuhkan harapan yang baru, ada kekuatan baru yang bisa membuat kita lebih tegar jalani hidup.

5. Makin Sering Bersyukur

Bersyukur ibarat kunci untuk membuka pintu kebahagiaan. Mengutip buku Happiness Inside, bahagia dalam diri hanya muncul bersamaan dengan rasa syukur. Ketika kini kita sudah lebih sering bersyukur, ada kebahagiaan yang bisa senantiasa kita jaga dalam diri. Hal ini pun jadi bukti bahwa diri kita pada masa kini sudah lebih kuat dan tangguh daripada sebelumnya.

Semoga keterpurukan yang pernah kita alami di masa lalu tidak membuat kita makin pesimis jalani hidup, ya. Bisa bertahan hingga titik ini pun sudah pencapaian yang luar biasa, dan semoga ke depannya kita bisa senantiasa tegar jalani hidup.