5 Tanda Ada Jiwa yang Lebih Tegar di Usiamu Sekarang

Makin bertambah usia, makin banyak hal yang harus dikerjakan dan dipertanggungjawabkan. Rasanya pertambahan usia membuat kita harus siap menghadapi berbagai kesulitan baru. Meskipun begitu, bisa jadi di usia sekarang ini ada jiwa yang lebih tegar di dalam dirimu.

5 Tanda Ada Jiwa yang Lebih Tegar di Usiamu Sekarang

Makin bertambah usia, makin banyak hal yang harus dikerjakan dan dipertanggungjawabkan. Rasanya pertambahan usia membuat kita harus siap menghadapi berbagai kesulitan baru. Meskipun begitu, bisa jadi di usia sekarang ini ada jiwa yang lebih tegar di dalam dirimu.

Berikut ini lima tanda umum bahwa ada jiwa yang lebih kuat di usiamu saat ini. Berbagai pengalaman dan ujian hidup yang pernah kamu lalu telah menempa mentalmu jadi lebih tangguh saat ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Bisa Mengelola Stres dengan Lebih Baik

Mengutip buku Merawat Luka Batin, stres adalah keadaan mengancam yang membutuhkan seseorang berespons demi keselamatannya. Dipaparkan lebih lanjut bahwa ketika manusia menjadi semakin terstruktur dan modern, masalah dan stres pun menjadi semakin kompleks. Pertambahan usia membuat kita harus siap menghadapi berbagai kondisi yang dapat memicu stres. Saat kita sudah bisa mengelola stres dengan lebih baik atau sudah punya metode paling nyaman untuk meredakan stres, maka punya fondasi kuat untuk bertahan hadapi masa-masa sulit yang ada.

2. Mampu Memenuhi Kebutuhan Sendiri

Walau mungkin kamu belum kaya raya atau punya banyak harta, tapi selama kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan paling dasar yang kamu butuhkan maka sudah ada pencapaian tersendiri dalam hidup. Memang ada hal-hal yang belum tercapai atau terwujud, tapi selama kamu sudah bisa hidup lebih mandiri, ada mental yang sudah lebih kuat dari sebelumnya. Makin meningkatnya kemandirian, makin menguat jiwa dan mental yang ada di dalam diri kita.

3. Bisa Mengupayakan Kebahagiaan Sendiri

Menyadari bahwa tiap orang punya standar bahagianya sendiri, kamu pun sudah mulai mengupayakan kebahagiaanmu sendiri. Kamu tak menunggu dibahagiakan oleh orang lain. Tak menunggu keadaan atau situasi berubah lebih dulu untuk bisa bahagia. Ketika kamu sudah bisa mengupayakan kebahagiaanmu sendiri, walaupun melalui cara-cara sederhana, kamu sudah punya jiwa yang lebih tegar dari sebelumnya.

4. Lebih Fleksibel Menghadapi Perubahan

Dulu kamu sering merasa stres dan tertekan karena memaksakan diri mengubah keadaan yang tak bisa kamu ubah. Seiring bertambahnya usia, kamu telah memiliki banyak pengalaman berbeda yang membuat sudut pandangmu tentang kehidupan semakin luas. Kamu menyadari perubahan dalam hidup akan datang silih berganti, dan ketika kamu bisa lebih fleksibel dan adaptif menghadapi perubahan yang ada, maka kamu tak akan gampang merasa tertekan lagi. Bahkan kamu bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari tiap kejadian yang membuat jiwamu terasa makin kaya lagi.

5. Menerima Diri Sendiri Seutuhnya

Kamu sudah paham betul kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Sehingga kamu selalu berusaha untuk mengasah dan meningkatkan kelebihan yang dimiliki. Serta mengimbanginya dengan memperbaiki kekurangan diri atau berusaha menyesuaikan diri terhadap situasi apa pun terlepas dari kelemahan yang dimiliki. Saat sudah bisa menerima diri seutuhnya di usia sekarang ini, ada kelebihan istimewa yang kamu punya dan membuat pribadimu jadi lebih kuat dan tegar lagi.

Semoga pertambahan usia membuat kita jadi makin bersemangat menjalani hidup, ya. Terima kasih kamu sudah berusaha melakukan semua yang terbaik hingga sampai ke titik ini. Kamu luar biasa!