5 Tanda Kesendirian Saat Ini Membuat Hatimu Makin Kuat

Memilih untuk sendiri dulu bisa menghadirkan fase yang mungkin cukup berat. Namun, kesendirian saat ini bisa membuat hatimu makin kuat seiring waktu berjalan. Dalam hidup, ada yang butuh fase untuk sendiri dulu untuk merangkai kebahagiaan-kebahagiaan baru.

5 Tanda Kesendirian Saat Ini Membuat Hatimu Makin Kuat

Memilih untuk sendiri dulu bisa menghadirkan fase yang mungkin cukup berat. Namun, kesendirian saat ini bisa membuat hatimu makin kuat seiring waktu berjalan. Dalam hidup, ada yang butuh fase untuk sendiri dulu untuk merangkai kebahagiaan-kebahagiaan baru.

Ada yang memilih sendiri dulu karena takut tersakiti. Ada yang ingin sendiri dulu karena sedang fokus dengan prioritas hidup yang lebih penting. Ada yang perlu sendiri untuk sementara waktu karena ada hal yang sedang dipulihkan dari dalam diri. Apa pun alasannya, kesendirian bisa menghadirkan fase yang menguatkan dan mendewasakan diri.

1. Bisa Merawat Diri Lebih Baik Lagi

Kesendirian saat ini bisa memberi kita lebih banyak waktu untuk memperhatikan diri sendiri. Mengutip buku Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian, ada saatnya ketika dihadapkan pada kesendirian, kita menyadari bahwa kita dan hanya kitalah yang pada akhirnya bertanggung jawab atas keberadaan diri kita. Saat kita bisa mengusahakan yang terbaik dalam upaya merawat diri, kita bisa membuat jiwa kita lebih kuat lagi.

2. Bisa Berdamai dengan Kesepian

Rasa kesepian kadang masih diartikan sebagai perasaan negatif dan buruk. Padahal kesepian adalah bagian penting dari sifat manusia. Mengutip buku Honjok, "Meskipun menimbulkan penderitaan dan kesedihan, kesepian juga tak bisa dihindari, dan merupakan keadaan yang harus dibiasakan untuk kita terima dan dipetik maknanya jika kita ingin menjalani kehidupan yang bermakna." Ketika kita menikmati kesendirian, kita bisa lebih mudah berdamai dengan kesepian dan menjalani hidup dengan lebih nyaman lagi.

3. Dapat Bahagia dengan Cara Sederhana

Pada dasarnya, semua perangkat kebahagiaan itu ada dan selalu ada dalam diri setiap manusia. Ketika kita berada di fase sendiri, kita bisa melakukan lebih banyak hal untuk bahagia. Bahkan melalui cara-cara sederhana kita bisa merasa dan menemukan kebahagiaan. Saat kita sudah bisa lebih bertanggung jawab atas kebahagiaan kita sendiri, maka ada hati yang tumbuh lebih kuat dari waktu ke waktu.

4. Bisa Memiliki Kepuasan Batin

Masih dapat bekerja atau berkarya bisa menghadirkan kepuasan batin. Dapat menekuni bidang atau hobi yang diminati juga bisa membuat hidup jadi lebih bermakna. Saat momen kesendirian kita optimalkan untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif, maka hati dan mental kita bisa makin kuat. Menjalani hidup dengan bermakna dan lebih berdaya, diri kita bisa lebih tegar hadapi berbagai persoalan kehidupan.

5. Dapat Menjaga Ikatan dan Hubungan yang Masih Ada

Kesendirian saat ini bukan berarti mengisolasi diri. Kita bisa memanafaatkannya dengan tetap menjaga ikatan dan hubungan yang masih ada. Seperti ikatan pertemanan, persahabatan, dan lainnya, selama masih bisa dijaga dengan baik, maka dirimu bisa lebih kuat jalani hidup. Jumlah orang-orang terdat mungkin tak sebanyak dulu, tpai ikatan yang ada bisa lebih menghangatkan hati.

Semoga fase yang kamu jalani dan lewati saat ini bisa membuatmu tumbuh jadi pribadi yang lebih tangguh lagi, ya.