6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

cara mendapatkan kulit yang sehat hanya dengan penggunaan skincare, ternyata ini salah besar lho. Selain menggunakan skincare yang tepat, gaya hidup juga menjadi penentu kesehatan tubuh tidak terkecuali kulit.

6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

Kalau berbicara tentang cara mendapatkan kulit yang sehat hanya dengan penggunaan skincare, ternyata ini salah besar lho. Selain menggunakan skincare yang tepat, gaya hidup juga menjadi penentu kesehatan tubuh tidak terkecuali kulit. Khususnya di bulan puasa ini, gaya hidup sangat menentukan penampilan kulit kamu lho.

Apabila kamu tidak menjalankan gaya hidup sehat dan melewatkan penggunaan skincare, bisa saja selama bulan puasa ini kulit terasa kering dan juga kusam serta memiliki masalah lain seperti bruntusan, jerawat dan masih banyak lagi.

Nah, ada beberapa kebiasaan kecil yang bisa kamu terapkan nih selama bulan puasa ini agar tampilan kulit tetap sehat. Apa saja sih? Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan kecil yang powerful apabila dilakukan setiap hari. Simak baik-baik ya!

1. Mengurangi konsumi gula

Memang sih berbuka puasa paling enak menyantap sajian yang manis, selain enak juga menambah tenaga. Namun ternyata asupan gula yang terlalu banyak juga dapat membuat kulit bermasalah. Gula dapat meningkatkan risiko inflamasi, khususnya pada kulit. Selain itu glucation atau proses penumpukan gula pada tubuh juga dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit karena dapat menghancurkan kolagen lebih cepat.

2. Rutin minum air mineral sebanyak 2 liter mulai dari berbuka puasa hingga sahur

Merasa kulit kering? Ini bisa jadi tanda-tanda kulit dehidrasi. Nah, kulit dehidrasi bisa jadi akar dari banyaknya masalah kulit seperti breakout, muncul kemerahan dan kulit terasa perih. Untuk menghindari dehidrasi, pastikan kamu rutih minum air mineral sebanyak 2 liter mulai dari saat berbuka puasa hingga sahur.

3. Tidur dalam posisi telentang

Beberapa studi menyebutkan bahwa tidur dengan posisi telentang baik untuk kesehatan tubuh termasuk kulit. Hal ini tidak tanpa sebab lho, ternyata tidur telentang mengurangi risiko gesekan pada kulit dan mencegah terjadinya iritasi kulit. Selain itu, ternyata kebanyakan orang yang tidur telentang disebut-sebut memiliki struktur tulang yang lebih simetris. Ternyata tidak hanya baik untuk kulit ya, Bela posisi tidur ini?

4. Menggunakan pelembap wajah

Selama bulan puasa, tentu saja kulit bisa menjadi kering apabila kamu tidak memberikan asupan cairan yang sesuai. Nah untuk menjaga kelembapan kulit, pastikan kamu tetap menggunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Pelembap wajah biasanya memiliki kandungan yang dapat menjaga kelembapan serta mengikat air pada kulit agar mengurangi risiko kulit menjadi kering akibat kekurangan cairan tubuh.

5. Tidak menyentuh wajah

Tanpa sadar banyak orang sering menyentuh wajah. Kebiasaan menyentuh wajah ini dapat menimbulkan masalah kulit lho, Bela. Hal ini bukan tanpa sebab, karena kita tidak pernah tahu apakah telapak dan jari-jari kita bersih dari kotoran atau kuman. Kebiasaan menyentuh wajah dapat memindahkan kotoran, kuman atau bakteri ke wajah yang menyebabkan terjadinya masalah kulit seperti iritasi. Oleh karena itu, hindari kebiasaan ini ya, Bela!

6. Konsumsi makanan bergizi saat buka puasa dan sahur

Selama bulan puasa, pastikan kamu tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh. Sempatkan untuk memakan buah atau sayur-sayuran selama bulan puasa untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayur dan buah-buahan sendiri adalah sumber antioksidan yang berguna untuk menjaga kulit tetap sehat selama bulan puasa.