7 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berpuasa

apa manfaat ibadah puasa untuk kesehatan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan tubuh kita. Dilansir dari berbagai sumber, berikut di antaranya!

7 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berpuasa
7 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berpuasa

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, apa manfaat ibadah puasa untuk kesehatan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan tubuh kita. Dilansir dari berbagai sumber, berikut di antaranya!

1. Membantu mengatasi kolesterol dan asam urat

Saat proses ketosis, tubuhmu juga akan melepaskan kolesterol dan asam urat ke dalam aliran darah. Proses ini pun disebut sebagai detoksikasi. Selama proses ini terjadi, kamu akan merasa sakit kepala, pusing, kelelahan, nyeri otot, ruam kulit, dan nyeri sendi. Namun, lama-kelamaan rasa sakit akan berkurang dan tekanan darah menurun.

2. Kamu akan semakin baik dalam mengendalikan emosi

Dilansir dari laman Brightside, setelah enam jam pertama puasa, kamu merasakan lapar, bahkan bisa jadi kewalahan menghadapinya. Hal itulah yang memicu beragam emosi, seperti marah, frustrasi, dan rasa sedih. Untuk itu, sangat penting untuk mengendalikan emosi-emosi tersebut. Ingatlah tujuanmu puasa, salah satunya untuk beribadah.

Sebagai gantinya, kamu bisa melampiaskan emosimu untuk melakukan hal-hal yang produktif. Hal tersebut pun akan membuatmu sejenak melupakan rasa lapar. Kamu bisa melakukan kegiatan yang tak memerlukan banyak tenaga fisik. Adapun, pengendalian emosi yang berkepanjangan akan membuatmu lebih bahagia dan perasaanmu jadi lebih tenang.

3. Produksi asam lambung menurun

Hal itu terjadi agar dinding asam lambungmu tak terkikis karena tak ada makanan yang diproses. Dengan begitu lambungmu tak terluka. Itu sebabnya pula, orang dengan sakit maag tak masalah untuk menjalani puasa, asal dilakukan dengan benar, ya.

Itu tadi hal yang terjadi pada tubuh saat berpuasa. Apakah selama ini kamu menyadarinya? Jadi bukan masalah jika kamu merasa lemas atau sakit kepala. Itu adalah proses baik untuk tubuhmu!

4. Pemecahan gula sebagai bahan bakar untuk energi

Pada jam-jam awal kamu berpuasa, akan terjadi proses pemecahan glikogen dan glukosa akan tersimpan dalam tubuh sebagai bahan bakar untuk energi. Dilansir dari laman Sciencing, sekitar 25 persen hasilnya akan masuk ke otak. Sementara, selebihnya akan mendukung sel darah merah dan otot.

5. Mulutmu akan terus berair

Selama berpuasa, produksi air liur akan tetap terjadi untuk mencegah mulutmu kering. Selain itu, hal tersebut membuat bau mulutmu berkurang.

6. Tubuhmu akan mengalami ketosis, sehingga tubuh akan membakar cadangan lemak

Ketosis adalah kondisi saat hati memproduksi keton atau asam sebagai energi tubuh. Proses ini terjadi dengan menguraikan cadangan lemak dalam tubuhmu.

Hasilnya, saat puasa, berat badanmu akan turun. Cara yang sama dilakukan oleh orang yang menjalani diet ketogenik dengan konsep diet tinggi lemak, namun rendah karbohidrat.

7. Sistem pencernaanmu beristirahat

Karena asupan makanmu berkurang, sistem pencernaanmu pun akan beristirahat. Saat itulah, energi dalam tubuhmu akan lebih terfokus untuk perbaikan sistem jaringan dan sel-sel tubuh yang rusak.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Apa yang Terjadi pada Tubuh saat Berpuasa? Ini Fakta Medisnya"