Begini Cara Menyimpan Serum Vitamin C Agar Tidak Oksidasi

Apabila serum vitamin C yang tadinya bening atau berwarna kuning berubah menjadi kecokelatan, maka tandanya serum kamu sudah teroksidasi. Lalu, bagaimana cara menyimpan serum vitamin C yang tepat?

Begini Cara Menyimpan Serum Vitamin C Agar Tidak Oksidasi

Vitamin C adalah serum yang dipercaya mampu mencerahkan kulit. Vitamin C ini bisa ditemukan di berbagai produk skincare, seperti serum dan pelembap untuk wajah. Biasanya, vitamin C dikemas dalam wadah yang gelap untuk menghindari paparan sinar matahari yang berpotensi membuat kandungan produk skincare tersebut mengalami oksidasi.

Apabila serum vitamin C yang tadinya bening atau berwarna kuning berubah menjadi kecokelatan, maka tandanya serum kamu sudah teroksidasi. Lalu, bagaimana cara menyimpan serum vitamin C yang tepat?

1. Tutup rapat setelah digunakan

Tempat yang lembap, terpapar sinar matahari dan udara adalah penyebab serum vitamin C mengalami oksidasi sehingga produk berubah berwarna menjadi kecoklatan dan tidak bisa digunakan kembali.

Untuk menghindari serum tersebut mengalami oksidasi, tutuplah serum vitamin C dengan rapat sehingga tidak ada udara yang masuk.

2. Simpan di dalam kulkas

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan agar serum vitamin C tahan lama dan tidak mengalami oksidasi adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas. Namun, agar serum vitamin C kamu tidak terkontaminasi bakteri dari benda lain yang ada di kulkas, taruh vitamin C secara terpisah atau kamu bisa gunakan skincare fridge untuk menyimpan serum vitamin C mu serta skincare lainnya.

Selain bisa membuat produk skincare lebih tahan lama, menaruh berbagai macam produk skincare di dalam skincare fridge bisa mencegah munculnya bakteri di dalam produk skincare.

3. Simpan di suhu ruangan

Jika kamu tidak memiliki skincare fridge dan khawatir serum vitamin C akan terkontaminasi dengan bakteri dari benda lain yang ada di dalam kulkas, maka kamu bisa menyimpan serum vitamin C mu di dalam kamar.

Namun, hindari menyimpan di area yang terpapar langsung dengan sinar matahari, ya! Karena salah satu penyebab terjadinya oksidasi pada serum vitamin C adalah paparan sinar matahari.

4. Taruh kembali di dalam kardus

Setiap produk skincare yang kamu beli pasti dilengkapi dengan packaging tambahan seperti kardus. Nah, jangan buang kardus serum vitamin C-mu ya, Bela! Kardus ini bisa kembali kamu gunakan apabila kamu menyimpan serum tersebut di dalam kamarmu.

5. Hindari menaruh vitamin C di tempat yang lembab

Bela, apakah kamu menyimpan beragam produk skincare di kamar mandi? Menyimpan produk skincare, termasuk serum vitamin C di dalam kamar mandi bukanlah langkah yang tepat, hal ini karena suhu di dalam kamar mandi cenderung lembab dan bisa berubah kapan saja sehingga akan berpengaruh pada kualitas produk skincare-mu.

Mulai sekarang, pilih tempat dengan suhu ruangan yang stabil untuk menyimpan produk skincare-mu, yuk! 

6. Hindari menyimpan serum vitamin C terlalu lama

Setiap skincare memiliki tanggal kedaluwarsa yang berbeda, namun khusus untuk serum vitamin C umumnya akan kadaluarsa dalam waktu enam bulan atau satu tahun. Oleh karena itu, habiskan produk skincare-mu termasuk serum vitamin C ini sebelum expired, ya!