Fakta Andira Utami, Berprofesi Dokter Sambil Jadi Penyanyi

Perjalanan kariernya memang tidak selalu berjalan indah. Setelah merilis single pertama, Andira Utami selalu diingatkan keluarga untuk tidak terlalu fokus pada dunia yang sangat disukainya itu.

Fakta Andira Utami, Berprofesi Dokter Sambil Jadi Penyanyi

Andira Utami merupakan seorang penyanyi sekaligus dokter. Dia sudah memulai karier di dunia musik Tanah Air ketika duduk di bangku SMA. 

Perjalanan kariernya memang tidak selalu berjalan indah. Setelah merilis single pertama, Andira Utami selalu diingatkan keluarga untuk tidak terlalu fokus pada dunia yang sangat disukainya itu.

"Jadi aku start nyanyi SMA. Sebelum masuk ke kedokteran, aku sudah rilis lagu pertama. Orang tuaku bilang 'Andira jangan lupa, masih ada kelanjutannya ni (kuliah)'. Bayangin anak SMA udah dapat uang jajan sendiri. Mereka bilang 'Andira, lanjutkan sekolah karena kalau dunia musik itu seperti roda berputar. Nanti ada anak bayi lebih cantik, lebih bagus suaranya. Karena itu kepala Andira harus diisi', gitu," ujar Andira saat wawancara dengan FIMELA, beberapa hari lalu. 

Berikut fakta mengenai Andira Utami, seorang dokter sekaligus penyanyi:

Sempat Vakum

Fokus dengan pendidikan, Andira akhirnya memilih vakum dari dunia musik yang membesarkan namanya. Namun setelah dirinya sudah sukses menjadi dokter, dia tetap menjalankan kesukaanya bernyanyi. Terbukti, akhirnya dia merilis single keempat berjudul Tak Mungkin yang Ku Tunggu. 

"Aku disuruh sekolah, aku melakukan tanggung jawab pribadi, terus deal kalau kedokterannya sudah kelar aku balik. Makanya aku sempat vakum dan sekarang rilis lagu lagi," ujarnya.

Tak Bisa Memilih Antara Musik dan Kedokteran

Ketika ditanya mengenai apa yang akan dipilih antara musik dan kedokteran, Andira tidak bisa menjawabnya. Sebab, dia mengaku sangat suka keduanya meski di bidang yang jauh berbeda.

"Susah ya. Kalau ditanya, memang cita-cita dari kecil musik dan nyanyi. Tali saat terjun ke kedokteran, yang awalnya beban belajar, bukunya tebal banget, ternyata namanya manusia kan berkembang ya, aku jadi terbentuk lebih humanis. Ada kepuasan kalau pasien datang dan sembuh, berikutnya dia datang 'makasih dok sudah sembuh'. Itu tuh bikin merinding sendiri melihat orang lain senyum karena perbuatan kita. Itu jadi bensin yang buat aku jadi jatuh cinta dengan konsep kedokteran. Karena basic kedokteran itu kan kemanusiaan, kesehatan. Jadi seiring berjalannya waktu, aku cinta nyanyi dan aku jatuh cinta dengan kesehatan masyarakat," katanya. 

Cara Adira Jadi Dokter Sekaligus Penyanyi

Ditanya bagaimana cara Andira membagi waktu, Andira mengaku tak pernah melakukan itu. Justru, dia punya cara tersendiri agar keduanya jalan beriringan. 

"Nggak bagi, hanya selipin. Karena aku jaga igd, ada waktu luang 3 jam terus ada manggung dan di 3 jam itu, aku berangkat. Aku nggam bagi, karena aku cinta dua duanya dengan senang hati mengiyakan semua," jelasnya.

Ambisi Andira

Kembali ke dunia musik ketika sukses menjadi dokter ternyata bukanlah ambisinya. Terpenting bagi dia bisa melakukan apa yang disuka sscara beriringan. 

"Semakin ke sini gaada yang ambisi gimana gitu, tapi balik lagi ke yang aku bilang, aku lakukan musik karena suka sih. Apapun yang terjadi, kembali lagi itu bonus kalau ada. Kalau nggak ya aku happy bisa berkarya melakukan hobi," katanya.

"Aku juga pengin nantinya menjadi ibu, di mana anakku bisa mencontoh karena melakukan hal yang bersebrangan. Semua itu bisa dilakukan, asalkan waktunya tepat," tambahnya.